Latest News


Apa Itu Penyakit Radang Otak?
Apakah anda pernah mengalami sakit kepala?Bila  apakah sering atau tidak? Hati-hati bila anda sering mengalami sakit kepala. Bisa jadi sakit kepala yang terlalu sering merupakan penyebab anda mengalami penyakit radang otak.

Meski sakit kepala bukan penyebab utama,namun bila sakit kepala disertai dengan mual dan muntah terus-
menerus,tidak nafsu makan dan nadi lemah dengan cepat , bisa jadi itu pertanda anda mengalami radang otak.
Radang Otak yang lebih sering dikenal dengan radang selaput otak, merupakan penyakit yang menyerang bagian selaput otak.Istilah kedokterannya untuk menyebut radang radang selaput otak aalah meningitis.Meningitis adalah penyakit radang otak yang menyerang selaput otak dan korda spinalis bagian dari sistem saraf pusat.

PENYEBAB PENYAKIT RADANG OTAK

Penyakit radang otak di sebabakan oleh virus dan bakteri.Kedua penyebab penyakit tersebut memiliki tingkat bahaya yang berbeda-beda.Meningitis yang disebabkan oleh bakteri lebih berbahaya karena dapat menyebakan kerusakan pada otak.
Pengdengaran menjadi terganggu dan dapat mempengaruhi daya ingat.Sedangkan meningitis yang disebabkan oleh virus tidak begitu bahaya karena dapat hilang dengan sendirinya tanpa harus dilakukan penanganan yang serius.

Meningitis yang disebabkan oleh bakteri berasal dari haemophilus dan neissseria meningitidis,listeria monocytogenes.
Bakteri haemaphilus influenzae type b dapat dicegah dengan pemberian vaksinasi Hib.Jadi jangan lupa memberikan vaksinasi Hib pada anak anda jika tidak ingin terkena risiko radang selaput otak.Bakteri penyebab penyakit ini berasal dari berbagai kondisi,seperti debu,makanan yang terkontaminasi dan dari hewan peliharaan.Jadi bila ada hewan di rumah ada baiknya di tempatkan terpisah dari dalam rumah.

Gejala Penyakit Randang Otak


Bagaimana kita dapat mengetahui bila kakan mengalami sakit radang selaput otak?Ada beberapa gejala atau tanda yang dapat anda perhatikan untuk mengetahui apakah itu mmeningitis ataubukan, antara lain:
- Sakit kepala yang sehat dan terjadi secara berulang-ulang, terutama di bagian dahi.Bila diberi parasetamol, tidak memiliki pengaruh apapun.
-Demam yang tinggi disertai leher yang menjadi kaku.
-Sakit kepalan yang disertai dengan mual dan muntah.
-Tingkat kesadaran menurun dan terlihat seperti kebingunan.
-Indra penglihat dan pendengar menjadi terganggu.
Penglihatan suka kabur dan tidak tahan melihat cahaya uyang terlalu terang (photopobia) serta tidak tahan mendengar suara keras(phonopobia)
-Sebagian penderita meningitis disertai kejang-kejang.

Pengananan yang dapat dilakukan bila mengalami gejala penyakit meningitis ini adalah dengan pemberian obat antibiotik untuk bakteri dan virus.Bila meningitis yang disebabkan bakteri diberikan antibiotik ceftriaxone,ampicillin,vancomycin,carbapenem dan chloramphenicol.Sedangkan meningitis disebabkan virus cukup diberikan analgesik antipiretik.

ENSEFALITIS BAGIAN DARI RADANG OTAK

ENSEFALITIS adalah suatu kondisi kesehatan dimana peradangan terjadi di otak.akibatnya , suplai aliran darah keotak akan terpengaruh.Ada beberapa jenis virus yang dapat menyenbabkan ensefalitis.Herpes simplex virus (HSV) yang menyebaakan luka dingin dan herpes genital adalah sebagian besar bertanggung jawab untuk menyebabkan ensefalitis.

Virus lain seperti orang-orang yang menyebabkan campak,cacar,influenza dan gondok juga dapat mempengaruhi otak dan menyebabkan ensefalitis,tapi sangat jarang.Suatu bentuk yang jarang namun berbahaya ensefalitis dikenal sebagai ensefalitis kuda di sebabkan oleh arbovirus.
Hal ini dilakukan oleh nyamuk dan memasuki tugun manusia memalui gigitan nyamuk yang erinfeksi.Dalam kasus seperti kebanyakan ,tidak ada gejala ensefalitis kuda yang telah lama di amati.Para pasien tergeincir ke dalam koma segera terkena infeksi.

Penyebab ENSEFALITIS

Ensefalitis yang disebabkan oleh virus yang menyebaaknan luka dan dingin.Virus yang menyebabkan campak Jerman juga bertanggung jawab untuk penyakit ini.Selain faktor-faktor ini, ensefalitis disebabkan oleh nyamuk dan juga serangga lainnya.
Karena nyamuk yang mnyebabkan penyakit ini aktif selama priode juni sampai september,penyakit ini menyebar terutama bulan ini.Seiring dengan virus ,bakteri juga dapat menyebakan ensefalitis demikian juga dengan virus herpes.Virus yang menyebabkan herpes genital terutama bertanggung jawab untuk menyebabkan ensefalitis.
Makan makanan terpengaruh dengan virus atau bakteri yang menyebabkan penyakit ini juga salah satu penyebab dari penyakit ini.Hewan seperti tupai dan bajing juga dikenal sebagai pembawa virus ini dan karenanya, mereka juga termasuk dalam ensefalitis.Dalam beberapa kasus bahkan burung bertindak sebagai tuan rumah untuk virus ini.
Setiap jenis kontak dengan hewan yang terinfeksi atau burung dapat penyebab ensefalitis.Ini adalh penyebab ensefalitis beberapa virus.Ibu hamil dapat menularkan virus ini kepada janin.Oleh karena itu setelah anak lahir ada kemungkinan ikut terbawa menderita penyakit ini.

GEJAL PADA ORANG DEWASA

Lamanya gejala dapat bertahan selama satu sampai tiga minggu.Berikut ini gejala utama yang dapat di lihat pada orang dewasa yang terinfeksi oleh ensefalitis
-Demam: ini adalah gejala yang paling umum pada orang dewasa.Demam dapat berlanjut sepanjang infeksi atau mungkin datang dan pergi.Dalam beberapa kasus,obat-obatan yang dapat di gunakan untuk menurunkan suhu gagal untuk menunjukN hasil yang  inginkan setekah beberapa jam.Pada beberapa orang demam disertai dengan beberapa gejala mirip seperti flu nyeri otot dan kelelahan serta mual.
-Sakit Kepala: Gejala ini lebih sering terjadi pada pasien yang cenderung untuk mengembangkan meningitis bersama ensefalitis.Virus meningitis meyerang cairan tulang belakang atau cairan tubuh lainnya didekat daerah otak dan menyebabkan pembengkakan pada otak.Intensitas semacam ini sakit kepala yang parah dan sering mendapatkan diperluas keleher dan punggung dan membuat mereka kaku dan menyakitkan.
-Sensitivitas cahaya:Ini adalah awal tanda pertama dari ensefalitis,tetapi sering di abaikan.Awalnya , mata yang terluka saat terkena vahaya.Kemudian hal itu bisa  berkembang menjadi fotopobia.Ini semacam kepekaan terhadap cahaya ketika disertai dengan kejang, tanda-tanda kemungkinan orang yang telah terinfeksi oleh virus ensefalitis.
-Kebingunan Mental: Sebagai virus ensefalitis buruk menyebabkan kerusakan pada otak, yang sering menyebabkan sejumlah gangguan kognif.Ini termasuk kebingungan, respon yang buruk terhadao suara,kehilangan memori,dll.

GEJALA PADA ANAK

Ada banyak kesamaan dalam gejala ensefalitis orang dewasa dan anak-anak.Namun ada beberapa gejala tambahan yang sering melihat anak-anak.mereka adalah sbb:
-Kelesuan atau kekurangan energi
-Hilangnya sensasi di bagian tubuh tertentu seperti lengan dan kaki
-Kejang
-Mual dan muntah
-Sifat lekas marah
-Kehilangan nafsu makan
-Kesulitan dalam berbicara dan mendengar
-Tiba-tiba perubahan kepribadian
-Penglihatan kabur

PENGOBATAN RADANG

Sebelum anda nulai dengan pengobatan, mencoba mengetahui tentang penyebab ensefalitis yang mendasari nya adalah suatu keharusan.Hali ini akan membantu dalam mengambil pengobatan yang tepat.jika ensefalitis masih tahap awal kemudian mengambil istiahat yang cukup, makan makanan yang sehat dan minum banyak cairsn akan membantu.
Tetapi jika penyakit itu telah berkembang, maka lebih baik untuk mengunjungi dokter dan memilih untuk pengobatan yang di sarankan oleh dokter.Karena penyakit ini menimbulkan rasa sakit kepala,nyeri tubuh dan kondisi medis lainnya, mengambil obat resep yang tepat untuk menghilangkan situasi ini juga di perlukan.
Jika anda mengamati seseorang dalam penderitaan keluarga anda dari gejala ensefalitis, kemudian membawa mereka ke dokter segera.Dokter akan mencoba untuk menemukan penyebab ensefalitis dan akan menyarankan pengobatan yang tepat.Untuk tujuan diagnosis, dkokter akan menguji cairan di tulang belakang.
Jika ada peningkatan isi sel darah putih dan protein , maka mungkin karen ensefalitis.Dalam rangka untuk menguji cairan, jarun akan dimasukan di punguung bawah antara tulang.Beberapa dokter juga akan melakukan scan MRI dan EEG dalam rangka untuk mengenal masalah lebih dalam.Ensefalitis , atau penyakit radang otak adalah kondisi serius yang memerlukan pengobatan yang tepat dan tepat waktu dan tidak boleh di anggap enteng.

KIM MOJO SURABAYA Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Diberdayakan oleh Blogger.