Latest News

PROSEDUR e-KTP HILANG, RUSAK atau PINDAH


          Sesuai dengan Surat Edaran Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia Tanggal 8 Januari 2013 Nomor : 471.13/247/MD terdapat beberapa perlakuan terhadap e-KTP jika mengalami permasalahan, diantaranya :

1. e-KTP HILANG

Fisik e-KTP yang sudah diterimakan kepada penduduk dan kemudian hilang, proses penggantiannya dilakukan melalui pelayanan e-KTP secara
reguler. Dalam hal Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil belum dapat melakukan pencetakan e-KTP maka bagi penduduk yang kehilangan e-KTP diharuskan untuk mrngurus pengajuan KTP (mengisi formulir KP-1, Mengetahui RT, RW, dan Kelurahan) dengan dilampirkan surat keterangan kehilangan dari Kepolisian lalu melaporkan serta mengajukan ke petugas pelayanan KTP/KK di Kecamatan.

2. e-KTP RUSAK/SALAH

Penggantian data yang salah di dalam e-KTP setelah e-KTP diterima penduduk dilakukan melalui pelayanan e-KTP reguler, sejauh kesalahan tersebut bukan diakibatkan oleh kesalahan cetak. Dalam hal Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil belum dapat melakukan pencetakan e-KTP maka proses penggantian e-KTP dilakukan seperti proses kehilangan e-KTP.

3. PENDUDUK PINDAH

Bagi penduduk yang telah melakukan perekaman e-KTP dan kemudian melakukan proses perpindahan domisili maka penduduk tidak diperkenankan untuk melakukan perekaman e-KTP lagi di daerah tujuan/alamat yang baru. Sedangkan untuk e-KTP bagi penduduk pindah akan diterbitkan melalui pelayanan e-KTP reguler.



Catatan:

*  )  Perekaman e-KTP dilakukan hanya 1 kali saja.

**)  Dalam hal Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Malang telah memiliki alat cetak e-KTP, maka e-KTP salah/rusak dapat dilayani melalui pelayanan e-KTP secara reguler

KIM MOJO SURABAYA Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Diberdayakan oleh Blogger.