Latest News

Pengentasan Kemiskinan Melalui Pemberdayaan UKM


Seringkali kita melupakan dan menganggap bahwa sampah memang barang yang tidak berharga dan memang seharusnya untuk dibuang dan dilupakan. sampah akan mengurangi rasa keindahan jika dibiarkan menjadi tumpukan. ya, itu memang benar. Tapi pernahkah kita berpikir untuk memanfaatkan limbah tersebut? pernahkah kita berpikir tentang nilai dari sampah itu jika kita memanfaatkannya kembali?
Ya, lihat saja, sampah organik contohnya, bisa dimanfaatkan menjadi Pupuk Organik, yang sekarang lebih banyak dicari di pasaran. lalu ada limbah pelepah pisang yang bisa dipakai menjadi tas unik. Nah, tidak jauh berbeda dengan pelepah pisang, bekas gelas air minum mineral pun bisa disulap menjadi tas cantik nan unik yang bernilai seni tinggi.
Adalah Ibu Jayadi , warga Jojoran Baru III di Kelurahan Mojo, Kecamatan Gubeng Surabaya, yang mampu memanfaatkan limbah sampah kering menjadi lebih bermanfaat dan bernilai jual.Banyak pelatihan-pelatihan yang di adakan oleh dinas-dinas terkait yang di ikuti olehnya.

Awalnya Bu Jayadi hanya mencoba-coba untuk dipakai sendiri, lama-lama tetangga dan kerabatnya memesan kepadanya karena merasa bahwa tas hasil dari limbah tersebut sangat unik. dengan senang hati, bu Jayadi  pun menerima pesanan dari berbagai kota di Indonesia.


Menurut Ibu Jayadi , proses pembuatan tas ini, jika dikerjakan secara penuh, 1 hari 1 malam bisa selesai mendapatkan 1 buah tas. Tetapi biasanya Bu Jayadi hanya mengerjakannya sambil mengisi waktu luangnya sehingga Bu Jayadi  bisa menyelesaikan 1 buah tas dalam 3-4 hari biasanya.

Mengenai Harga, untuk ukuran besar dibanderol dengan harga Rp. 135.000 sedangkan untuk ukuran sedang seharga Rp. 100.000 sementara untuk tas ukuran dompet tangan seharga Rp. 75.000.

Dengan keberadaan UMKM seperti ini..diharapakn dapat menyerap tenaga kerja, serta mendapatkan penghasilan tambahan, sehingga bisa menjadi salah satu solusi untuk mengangkat pendapatan rakyat miskin.
Semakin banyak rakyat miskin yang terlibat dalam hal ini, maka semakin besar manfaat untuk mereka. Semoga sukses selalu.Jika ada yang berminat bisa kontak langsung ke 03177467784 dan 085645566774.

Untuk lebih jelas bagaima proses pembuatan dan aneka contoh produk bisa di klik UKM Mojo yang berada di sebelah kanan website ini atau kunjungi website: www.banksampahkawansurabaya.blogspot.com..Terima kasih.




KIM MOJO SURABAYA Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Diberdayakan oleh Blogger.