Latest News

Pemberdayaan Masyarakat Lewat Kamandanu

Sebagai wujud aksi nyata mahasiswa dari salah satu poin Tri Dharma Perguruan tinggi, yaitu pengabdian masyarakat, Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan FTSP ITS merintis kegiatan sosialmelalui Kampung Mandiri dan Unggul (Kamandanu). Rangkaian kegiatannya diawali dengan Pembukaan Kamandanu yang diadakan  di kampung Mojo RT 06 RW 12, Jojoran, Surabaya.

 
Berbagai acara mengisi kegiatan pembukaan Kamandanu, diawali dari senam pagi bersama warga, pembagian susu gratis untuk anak – anak kampung Mojo, dan dilanjutkan dengan sambutan – sambutan dari ketua panitia Kamandanu, ketua HMTL, Ketua RT 06, Ketua RW 12, Ibu Lurah, serta sambutan dari Kepala Jurusan Teknik Lingkungan yang sekaligus membuka secara resmi Kamandanu 2015. Dalam sambutannya, Bapak  Eddy Setiadi Soedjonoselaku Katua JurusanTeknik Lingkungan mengharapkan mahasiswa TL dapatberbagi ilmu yang telah didapat ke masyarakat. Dijelaskan pula mengenai rencana kegiatan apa saja yang akan dilaksanakan selama empat bulan ke depan oleh Ignatius Chandra (TL 2013), selaku ketua panitia Kamandanu 2015. 

Acara yang dihadiri oleh perwakilan HMJ – HMJ dan BEM ITS ini, dimeriahkan juga dengan hiburan dari warga yaitu fashion show dari anak – anak kampung Mojo dengan baju daur ulang yang berwarna - warni dan sangat menarik kreasi asli warga kampung Mojo, serta penampilan Samanizer (tari saman) dari mahasiswi TL.Suasana makin guyub saat acara rujakan bersama warga dan ramah tamah, serta diakhiri dengan pengobatan gratis yang bekerjasama dengan Center for Indonesian Medical Students Activities (CIMSA)dari Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga.“Acara pembukaan ini sudah bagus, menarik, dan konsepnya cukup kreatif di mana memadukan seni dan sains. Ke depannyamungkin bisa ditambahkan aplikasi teknologi lingkungan, serta pendidikan karakter untuk anak – anak kampung Mojo. “ujar Nungky perwakilah Sosmas dari Himatekla (Himpunan Mahasiswa Teknik Kelautan) FTK ITS.

Setelah ini, dalam 4 bulan ke depan akan ada kegiatan Talkshow tentang Sanitasi, pembuatan anjang – anjang untuk media tumbuh dan merambatnya buah Markisa, Kelas Inspirasi untuk adik- adik Kampung Mojo, serta perbaikan sistem Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) di kampung Mojo. Semoga rangkaian acara yang telah direncanakan dapat berjalan dengan baik, dan benar – benar bermanfaat bagi masyarakat khususnya warga Kampung Mojo. (dan)

KIM MOJO SURABAYA Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Diberdayakan oleh Blogger.