Latest News

Citizen Jurnalism buat Kim Kota Surabaya

Pemerintah Kota Surabaya berkomitmen dalam persebaran informasi terkait program pemerintah dan pelayanan publik. Salah satunya melalui pembinaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) sebagai mitra Pemerintah Kota Surabaya sebagai jembatan informasi antara pemerintah dan masyarakat.

Bertempat di ruang ATCS, gedung Pemerintah Kota Surabaya lantai 6, Jumat 28 Oktober 2016


, puluhan anggota KIM kota Surabaya mendapat paparan terkait citizen journalism. Dalam kesempatan tersebut, peserta antusias terlihat dengan banyaknya pertanyaan seputar permasalahan yang dihadapi anggota KIM saat menulis.

Irvan Dhani Ananda, Kepala Bidang Sarana Komunikasi dan Diseminasi Informasi, Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Surabaya mengatakan, ia berharap peserta mengikuti paparan dengan seksama. Masih menurut Irvan, peserta diharap bertanya jika ada yang kurang jelas.

Firma Zuhdi Al Fauzi, wartawan Jawa Pos mengatakan, berita yang bagus adalah berita yang dapat mempengaruhi keputusan pembaca. Mengutip J. Webb dan Jerry R. Sancik, observasi langsung, proses wawancara, pencarian atau penelitian bahan-bahan melalui dokumen publik dan partisipasi dalam peristiwa.

Firma menambahkan, ada lima tahap kegiatan seorang reporter. Yakni, menemukan peristiwa dan jalan cerita, cek dan ricek, memastikan sudut berita, menentukan lead atau intro dan menulis berita. Menurutnya, lima tahap ini merupakan rangkaian organis yang jadi kaidah pekerjaan seorang reporter.

Sementara itu Eko Setiawan, Pranata Humas Ahli Pertama Dinas Komunikasi dan Informatika Jawa Timur memaparkan materi terkait Teknik Wawancara dan Memilih Angle Berita. Menurutnya penggalian informasi dapat didapat dari fakta permukaan (konferensi pers, press release, rekaman pidato), pelaporan dari wartawan (observasi, wawancara, riset), dan interpretasi dan analisis wartawan (signifikansi, penyebab dan konsekuensi dari berita tersebut).

Masih menurut Eko, dengan observasi langsung, wartawan berempati dan terlibat secara partisipatif dalam peristiwa. Eko memberikan tips teknik wawancara. Antara lain, memakai kalimat tanya yang berbuah jawaban objektif, kalimat pendek, jangan segan bertanya, tahu momentum, dan menjauhi pertanyaan yang menggurui dan menginterogasi

KIM MOJO SURABAYA Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Diberdayakan oleh Blogger.