Latest News

Mojo Terpilih Mewakili Kota Surabaya Dalam Program Desa/Kelurahan Cantik

 


kimmojo-Dalam rangka pembinaan Statistik Sektoral, BPS lebih meluaskan jangkauan sampai ke tingkat Desa. Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) merupakan salah satu program pembinaan statistik sektoral pada tingkat desa. Dengan Desa Cantik, desa tidak lagi dianggap sebagai objek pembangunan, melainkan ditempatkan sebagai subjek dan ujung tombak pembangunan dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Dari 5 Kelurahan yang terpilih di antaranya adalah Kelurahan Lontar Sambi Kerep,Tenggilis Mejoyo , Jajar Tunggal Wiyung, dan Kelurahan Nginden Jangkungan Di Sukolilo dan terakhir adalah  Mojo.


Di karenakan saat ini di desa terdapat berbagai sistem aplikasi pendataan  seperti Prodeskel, SDGs Desa, SIK-NG atau yang lainnya. Akan tetapi kualitas dan kapasitas sumber daya di pemerintah desa atau Kelurahan dalam hal pengelolaan dan literasi data masih relatif rendah.

Untuk itu melalui Program ini, Badan Pusat Statistik Kota Surabaya ingin meningkatkan litarsi, kesadaran dan peran aktif dan perangkat desa/kelurahan dan masyarakat dalam penyelenggraaan kegiatan statistik.

Dan juga ada standarisasi pengelolaan data statistik untuk menjaga kualitas dan keterbandingan indikator statistik.

Giat sosialisasi desa/ kelurahan cantik ini di laksanakan di Balai RW 09 tepatnya di Jalan Kalidami Nomor 5. Yang di hadiri oleh Kepala Badan Pusat Statistik Kota Surabaya bersama staf, Lurah Mojo bersama staf serta Kader Surabaya Hebat Mojo. Dan tepat pukul 09.00 Wib acara di mulai.

Terpilihnya Mojo di karenakan ada beberapa indikator-indikator yang di dapatkan oleh BPS diantaranya status desa/kelurahan berdasarkan hasil Indeks Desa ( ID ) Tahun 2021 dengan kategori status ID yang terbanyak di kabupaten/kota, Tingkat pendidikan Kepala Desa/Lurah/Camat, Keberadaan komputer atau internet di kantor serta memiliki potensi wisata atau potensi produk unggulan.

" Kelurahan Mojo di anggap siap di karenakan ada bebrapa point yang ada di Mojo serta berdasarkan dari pengamatan staf dari BPS  dan Mojo siap jika saya lihat dari Pak Lurahnya yang aktif" Kilah Agus saat memberi paparan terkait desa/kelurahan cantik.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KIM MOJO SURABAYA Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Diberdayakan oleh Blogger.