Latest News

Surabaya - Mencari titik nol suatu kota seakan menjadi semacam keasyikan tersendiri bagi sebagian orang. Banyak pengalaman unik dan cerita menarik yang bisa mereka peroleh dari kegiatan tersebut. Salah satunya adalah Anton (45 tahun) yang selama beberapa tahun belakangan ini giat mendokumentasikan keindahan Surabaya termasuk titik nol yang ada di kota Surabaya.

"Saya sangat tertarik mencari penanda titik nol karena objek semacam itu sering kali luput dari perhatian banyak orang. Padahal, banyak kisah menarik yang bisa kita gali dari titik 0 km Surabaya, penanda jarak  atau titik awal jarak dari Surabaya menuju ke kota kota lainnya " ujar Anton.

Sesuai namanya, Tugu Kilometer Nol Surabaya didirikan sebagai penanda geografis titik awal Kota Surabaya  “ sebagian penduduk Surabaya belum mengetahui dimana letak titik 0 km Surabaya, sempat kutanyakan dengan teman/saudara bahkan orang yang tidak kukenal, ternyata banyak jawaban yang muncul dari mereka , Ada yang bilang bahwa  titik 0 km Surabaya ada di balaikota, ada juga yg menjawab di Grahadi ( Istana Gubernur ) dan ada juga yang menjawab di Tugu Pahlawan.dan  Jawaban yang terakhir inilah yang hampir benar “ Lanjut Anton

pastinya titik 0 km Surabaya berada di Kantor Gubernur Jawa Timur , Kantor yang terletak di Jalan Pahlawan Surabaya itu berada tepat di seberang Tugu Pahlawan di sisi timur, dan patok titik 0 Surabaya sendiri berada di pojok kiri ( barat laut ) dekat taman depan kantor Gubernur.

Lokasi patok yang merupakan penanda Titik Nol Kilometer kota Surabaya tersebut ternyata berada tidak jauh dari Tugu Pahlawan. Tepatnya di sekitar halaman kantor Gubernur Jawa Timur, jalan Pahlawan, Surabaya. Patok bertuliskan“S.BAYA 0” tersebut memang lokasinya agak tersembunyi karena tertutup rimbunnya tanaman

“ Mungkin suatu saat pihak kantor Gubernur bisa memindahkan/menggeser patol tersebut untuk keluar dari areal taman dan menempati trotoar, agar penduduk Surabaya bisa tahu dimana letak titik 0 km Surabaya berada “ Ujar Anton .


Tugu titik kilometer nol, milestone, mengacu pada makna yang sama. Sebuah batu penanda tempat dan jarak. Pakar perkotaan dari Universitas Trisakti Yayat Supriatna menuturkan, titik nol tidak hanya penting sebagai untuk mengukur tingkat keluasan wilayah, tapi juga untuk keperluan pengembangan sistem jaringan kota. Di samping itu, titik nol juga berfungsi sebagai titik pengikat dalam pemetaan dan penataan kota.

"Titik nol suatu daerah ditetapkan melalui beberapa cara. Antara lain, lewat kesepakatan yang diambil oleh pejabat pemerintah daerah setempat atau berdasarkan patok yang diwariskan pemerintah kolonial Belanda di masa lalu," jelas Yayat.

Ia menambahkan, keberadaan titik nol kadang kala tidak bisa dilepaskan dari sisi historis yang melekat pada suatu kota. Oleh karenanya, tidak jarang kita menjumpai penanda zero pointdi beberapa daerah berupa bangunan, simbol, monumen, atau situs-situs bersejarah.( Bunda Tri / RY)

KIM MOJO SURABAYA Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Diberdayakan oleh Blogger.