Latest News

Sambang "KAMPUNG SISKAMLING" Se Kecamatan Gubeng


Siskamling  tidak hanya untuk menjaga keamanan lingkungan, lebih dari itu sebagai sarana untuk menjalin silaturahim antar warga, memecahkan masalah lingkungan, serta meningkatkan kebersamaan dan kerukunan antar warga.
Di era industrialisasi , dengan kesibukan masing-masing warga tidak lagi ada kesempatan waktu untuk berbagi antar warga, sehingga tidak aneh kadang ada warga yang sedang bermasalah tetanggapun tidak tahu bahkan tidak mau peduli.

Siskamling adalah implementasi ADINDA yang menjadi aktivitas KIM yang sebarnya budaya kita yg dibangun jaman dulu kala yg disebut "Gotong Royong',

Kim Mojo dalam kegiatan kali ini ,sambang warga RT 03 RW 02 yang giat mengadakan tindakan preventif dalam bidang keamanan . Yaitu Siskamling yang dimana kegiatan ini bisa di katakan jarang terdengar hanya ada di perumahan elite yg di jaga oleh beberapa Satpam yang tentunya warga sekitar di kenakan biaya untuk operasional kegiatan ini  . Akan tetapi di Wilayah RT 03 RW 02 yang di komando oleh Bapak Iwan warga dengan senang hati TANPA DI BAYAR mau melakukan aktifitas Siskamling ini.

Tentunya warga sangat senang dan merasa aman, terbukti kegiatan ini sudah berjalan lebih dari lima tahun dan berjalan dengan lancar. Dalam sambang kampung kali ini kim mojo mendapat pengalaman yg luar biasa karena dapat bertemu dengan orang-orang yang peduli akan lingkungannya di bidang keamanan dan ketertiban. Semoga kegiatan ini dapat menularkan ke wilayah-wilayah lain wabil khusus wilayah Kelurahan Mojo Kecamatan Gubeng Surabaya.

Aktifitas rutin ini di mulai pukul 23.00 -04.30 wib. Serasa di desa jika kita kunjung ke pos siskamling yang berada di tengah Kota Surabaya tepatnya di Jl.Kaliwaron karena di setiap jam tengah malam  akan terdengar bunyi kentengan yang akan dipukul  sesuai waktu.
Tepat pukul 00.00 wib di saat kita semua terbuai mimpi-mimpi indah dibalut selimut hangat para warga ini memukul ketengan sebanyak 12 kali.....teng..teng...teng...
Sekali lagi , semoga apa yang dilakukan warga RT 03 RW  02 ini dapat menularkan ke RT- RT yang lain....Salam 86!!!

KIM MOJO SURABAYA Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Diberdayakan oleh Blogger.