Latest News

NGEVLOG DENGAN SMARTPHONE

 

Apa itu Vlog?

Vlog adalah sebuah video dokumentasi jurnalistik audio visual yang dilakukan sendiri atau bantuan orang lain dengan menggunakan  smartphone atau kamera slr, yang berisi tentang hidup, pikiran, opini, dan ketertarikan. Jadi semacam TV. Karena kita melakukan ini di depan sebuah kamera dan dikemas semenarik mungkin sehingga orang tertarik akan video yang kita buat. Dan  tentunya kita harus kita publikasikan melaui media sosial yang kita miliki. Mengapa karena dengan seringnya kita mengupload video yang dibuat yang tentunya harus original dan tidak melanggar ketentuan-ketentuan yang telah di buat oleh Youtube maka kita akan mendapatkan pundi-pundi rupiah .
Akan tetapi sebelumnya dalam pokok bahasan kali ini kita membahas bagaimana cara membuat vlog yang baik dengan menggunakan sarana dan prasarana yang kita miliki.

Hampir semua orang mempuyai smartphone yang berbasis android tapi juga tidak semua orang dapat menggunakannya secara maksimal dan pada umumnya memang hanya untuk berkomunukasi dengan berbagai aplikasi yang ada di smartphone yang di miliki.Akan tetapi jika di gunakan secara maksimal tentunya akan menambah ilmu pengetahuan kita.

Untuk membuat vlog dengan smartphone tentunya dipersiapkan dulu beberapa alat yang di siapkan di antaranya :

  • Smartphone minimal dengan ram 2 gb dan dan kapasitas penyimpanan maksimal 16 gb
  • Tongsis atau tripod
  • Headset
  • Lavalier mic ( jika ada )
Untuk membuat vlog yang baik tentunya dalam mengambil gambar harus konstan atau bergerak stabil (jangan goyang) di anjurkan menggunakan tripod atau tongsis akan tetapi jika tidak punya bisa menggunakan kedua tangan yang lekatkan kedada sebagai penahan kedua tangan agar gambar tidak goyang serta mengambil posisi atau  angel yang baik pula (tergantung keahlian masing-masing) .

Langkah pertama: Ambil gambar sesuai tema video yang akan kita  dengan durasi pendek sekitar 10- sampai 15 detik jangan terlalu panjang. Tentunya dalam mengambir gambar jangan malu, harus yakin dan PD anda seorang reporter.

Langkah kedua: Gunakan headset atau lavalier untuk merekam suara jika dekat bisa menggunakan headset akan tetapi jika ingin ambil suara yang agak jauh lebih di sarankan menggunakan lavalier atau bantuan orang kedua agar suara yang dihasil lebih baik. Jika langsung menggunakan speaker smartphone suara harus tegas dan  lugas.

Lalu yang ketiga : Tentunya dalam mengedit video, jika mengunakan smartphone banyak aplikasi video editor yang kita dapat unduh  di playstore serta gunakan secara maksimal  tool yang ada di dalam aplikasi tersebut, tapi  setidaknya  kita harus  faham apa pungsi dari tool tersebut.

Ada baiknya gambar video yang di hasilkan resolusinya  tinggi atau HD karena ini sangat di minati oleh pengguna internet. Dan juga dalam mengedit video tentunya jika di kerjakan sendiri hasilnya juga tergantung kemapuan dan pengalamaman si pengedit video tersebut.
Untuk pemula janganlah berkecil hati, karena  hasil video yang telah di buat oleh kita sendiri merupakah sebuah karya yang besar. Dan jika kita mau belajar dan belajar untuk  melakukan ini tentunya akan menhasilkan karya yang luar biasa. Dan jadikan pengalaman adalah guru yang handal.

Terakhir tentunya dalam mengupload video yang sudah jadi dengan resolusi HD jika ingin di publikasikan  ke dunia maya terutama ke channel youtube yang telah di miliki,  memerlukan kecepatan internet yang joss. 
Salam Informasi




KIM MOJO SURABAYA Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Diberdayakan oleh Blogger.