Latest News

MOJO AWAL PERJALANAN MBLANCANG SUROBOYO






Keluarahan Mojo menjadi jujukan para pegiat Forum KIM Kota Surabaya untuk memulai acara yang spektakulernya "Mbancang" , apa itu Mblancang di ambil dari kalimat asli Kota Surabaya. Mungkin generasi sekarang tidak pernah mendengar kalimat ini. Namun sejatinya ini adalah kalimat yang umum di gunakan oleh generasi pemuda tahun 70’an. Arti dari kalimat mblancang sendiri adalah bepergian ke suatu tempat. Mungkin padanan katanya mirip dengan kata blakra’an yang artinya kurang lebih sama.
Untuk mengingatkan lagi akan bahasa Suroboyo-an yang hampir punah, maka Forum Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kota Surabaya memakainya untuk nama kegiatan yang akan mulai di laksanakan pada tanggal 9 September 2017 dan selesai pada tanggal 10 September 2017. Nama kegiatan yang di gagas oleh Forum KIM Kota Surabaya ini  adalah Mblancang Suroboyo 2017.

Kegiatan Mblancang Suroboyo 2017 ini merupakan kegiatan yang akan melibatkan 154 KIM yang tersebar di seluruh Kelurahan yang ada di Kota Surabaya. Ada 4 tujuan yang menjadi pokok kegiatan dari acara ini, yaitu :

baca juga : Mojo Awal di Perjalanan Mblancang suroboyo
  • Pemberdayaan Masyarakat Kota Surabaya dengan mendatangkan narasumber yang nantinya bisa di folowup dengan dana CSR kepada masyarakat yang bermukim di wilayah tersebut.
  • Silaturahmi kepada masyarakat Kota Surabaya
  • Sosialisasi Kelompok Informasi Masyarakat Kota Surabaya ke 31 Kecamatan
  • Kampanye Program Keamanan dan Ketertiban Berbasis Masyarakat
  • Kampanye Anti Hoax
Acara di buka oleh Anindya Chyntia .B yang juga anggota KIM Mojo , para tamu undangan yang terdiri dari Tokoh masyarakat, karang taruna dan ibu-ibu pkk serta kader hadir untuk mendengarkan sosialisasi dan 2 narasumber yaitu maylia Nurdin pegiat Literasi dan dari Satbinmas Polrestabes Surabaya. Acara di diawali sambutan Lurah Mojo Christiono, SH, MSi.


Yang unik dan spektakuler dari acara Mblancang Suroboyo 2017 ini adalah penggunaan tranportasi sepeda angin yang akan di pimpin langsung oleh ketua Forum KIM Kota Surabaya, Bobbin Nila Prasanta Yudha (Boni). Sepeda angin inilah yang nantinya akan mengantarkan beberapa rekan KIM Kota Surabaya untuk melakukan sosialisasi ke 31 Kecamatan di seluruh pelosok Kota Surabaya. Waktu pelaksanaan Mblancang Suroboyo 2017 ini akan di laksanakan non-stop selama 24 jam. Tentunya bukan perkara mudah untuk melaksanakan acara ini, mengingat luas Kota Surabaya yang mencapai 350.5 km-persegi. Di tambah kondisi cuaca yang saat ini sedang dalam puncak musim kemarau dengan suhu rata-rata pada siang hari adalah 35 derajat sampai 40 derajat celcius. Tentu sangat di butuhkan fisik dan tekad yang prima untuk menuntaskannya.

Demi suksesnya acara Mblancang Suroboyo 2017 ini, Forum KIM Kota Surabaya bekerjasama dengan berbagai pihak yang ada. Mulai dari Dinas Kominfo Kota Surabaya selaku patner dalam kegiatan penyebaran informasi, Pihak Kepolisian Kota Surabaya yang akan mengamankan jalannya event besar ini, Komunitas Subcyclist Surabaya yang siap memberikan pengawalan dan suport sepeda yang akan di gunakan, Kabar Surabaya sendiri selaku Media Patner, Tiara Communication, Surabaya Punya Cerita. Dinas Kominfo Kota Surabaya .

KIM MOJO SURABAYA Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Diberdayakan oleh Blogger.