Latest News

KECAMATAN GUBENG RILIS PRODUK BARU DARI TANAMAN KENIKIR


kimmojo-mungkin masyarakat sudah banyak mengetahui apa itu kenikir?  Tanaman kenikir atau ulam raja memiliki tinggi yang bisa mencapai 3 meter, dengan bunga berwarna merah muda atau ungu. Daun merupakan salah satu bagian dari tanaman ini yang biasanya diambil dan diolah sebagai makanan.

Umumnya, sayuran ini lebih sering dijadikan santapan langsung bersama lalapan dan sambal alias dimakan mentah. Akan tetapi, beberapa orang juga menyukainya ketika direbus untuk dimakan sebagai sandingan sayuran lain dalam urap dan pecel..Daun kenikir jika di olah dengan baik dan tepat,  maka akan memberikan sejumlah nutrisi yang sangat baik untuk tubuh kita.



Berawal dari sin,  Dra, Lulut Sri Yuliani,MM dari Forum Komunikas Kecamatan Sehat ( FKKS ) yang kebetulan di tugaskan di wilayah Gubeng. Terinspirasi dari penjual pecel pojok yang di binanya serta pula memberikan penjelesaan secara detail apa manfaat yang akan di dapatkan jika kita olah kenikir menjadi sebuah produk seperti lulur dan  makanan ringan.
Selama ini banyak orang mengkonsumsi kenikir hanya sebagai pelengkap hidangan sebagai sayuran.

" Selain itu  Lulut juga berpikir, udara di wilayah Gubeng kurang begitu sehat, padatnya penduduk dan  berada di tengah kota, tentu saja pencemaran dan polusi udara sangat tinggi.
Maka percepatan sirkulasi udara untuk dapatkan oksigen bersih,  apa salahnya  kita coba  budidaya kenikir, serta  dengan pengenalan manfaatnya dalam.bentuk olahan unggulan yang yang belum ada di sini . Sehingga orang tertarik dan  mau menanam kenikir setelah tahu manfaatnya." Ucap Lulut ketika saat memberikan keterangannya setelah acara kepada kimmojo.

Lain lagi dengan Ayu Intan Mustika Ratna selaku tamu undangan yang juga Sekertaris IPEMI mengutarakan" Dengan adanya giat ini semoga kedepan Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia, yang bertujuan meningkatkan semangat para UMKM yang mau menjadi StarUp , agar mereka kedepannya bisa mengembangkan usahanya sehingga dapat meningkatkan taraf hidupnya melaui pemberdayaan  ini"

Ayu Intan Mustika Ratna Sekertaris IPEMI Surabaya
Lebih lanjut di tegaskan " Langkah awal yang akan di lakukan adalah melakukan pelatihan dan  pembinaan agar produknya menjadi lebih baik lagi. Dan IPEMI juga membantu memasarkan produknya sehingga dapat di kenal masyarakat luas."


Acara yang berlangsung sejak pukul 09.00 wib dan berakhir pukul 11.00 wib di aula pertemuan  lantai 2 dan Ani selaku Kasie Kecamatan Gubeng yang menjadi penggagas acara merasa senang karena acara ini berlangsung sesuai harapan.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KIM MOJO SURABAYA Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Diberdayakan oleh Blogger.