Latest News

Rezeki Buat Babinsa Mojo


kimmojo- Berdasarkan Peraturan Kepala Staf TNI AD Nomor 19/IV/2008 yang sudah ditetapkan sejak 8 April 2008, seorang Babinsa atau Bintara Pembina Desa/ Kelurahan memiliki kewajiban untuk melaksanakan seluruh pembinaan teritorial sesuai dengan petunjuk yang diberikan atasan, Rayon Militer.

Babinsa merupakan orang pertama dari barisan TNI yang langsung turun ke tempat kejadian.  Salah satu contoh, saat ada bencana banjir, gempa bumi, penyelundupan, transaksi gelap atau kedatangan kapal asing di perairan Insonesia yang bisa mengancam keamanan.

Biasanya Babinsa tinggal di tengah-tengah warga dan harus dekat dengan seluruh warga. "Bila ada orang asing di wilayahnya, ia dapat segera mengenalinya. Atau warga dapat segera melaporkannya pada Babinsa.

Secara umum, seorang Babinsa adalah membina teritorial. Ia menjadi tempat mengadu masyarakat terkait hal-hal yang berdampak pada keamanan nasional. Ia dituntut untuk dapat memetakan kondisi teritorialnya. 


Setiap saat pemetaan diaktualkan sehingga jika terjadi sesuatu di wilayah tugasnya.Siapa sih yang tidak mengenal Babinsa Mojo. Serda Sumanto namanya , Putra Gunung Lawu asli Magetan yang hampir setiap hari berkeliling memantau keamanan di wilayah Mojo.

Saat sedang bercengkeramah dengan warga dan kim mojo, di sebuah kedai kopi yang berada  di Jojoran 3, beliau di sapa Suwandi yang juga merupakan Ketua RT 08 RW 12. Lalu Suwandi beranjak pergi.

Tak lama kemudian datang lagi Suwandi dengan menenteng  sesuatu yang bungkus kain.Dan ternyata yang di bawanya  adalah sebuah sangkar dan di dalamnya ada terlihat  sepasang burung love bird. Inilah bukti dari kedekatan Babinsa Mojo dengan warga.

" Pak Sumanto, ini ada sesuatu buat panjenengan, apakah mau" Kilah Suwandi saat Sumanto sedang duduk bersama kim mojo dan beberapa warga.

Dan Sumanto hanya bisa tersenyum lebar tak menyangka bahwa ada warga yang sangat suka akan sosoknya dan memberikan sesuatu yang bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KIM MOJO SURABAYA Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Diberdayakan oleh Blogger.